Cara Menambahkan Library Komponen Pada Autodesk Eagle 9

Terlihat sederhana, tapi ribet. Itulah kalimat yang keluar pertama kali dalam benak kami setelah melakukan update Autodesk Eagle ke versi terbaru. Bagaimana tidak, beberapa library komponen elektronik yang kami buat dan yang kami download tidak bisa digunakan begitu saja pada software besutan Cadsoft ini.

Kami coba berselancar di internet namun hasilnya nihil. Artikel tentang cara menambahkan library yang tersebar di Google adalah berlaku untuk Eagle versi lama. Dengan terpaksa kami mencoba-coba sendiri serta memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh software satu ini.

Singkat kata, "makin kapitalis". Ya, benar saja. Seluruh library baik yang kami desain sendiri atau library yang kami dapat download dari internet tidak bisa begitu saja di copy-paste kan ke direktori dimana Eagle menyimpan seluruh library disitu. Kami harus men-sinkron-kan software Eagle kami ke sebuah web dimana seluruh library komponen yang kami miliki akan diupload kesana.

Namanya library.io. Kalian sebenarnya perlu mendaftar terlebih dahulu agar kalian bisa menggunakannya. Hanya saja jika kalian sudah pernah mendaftar atau memiliki akun di website Autodesk Eagle, kalian tidak perlu mendaftar lagi ke website tersebut. Ada dua cara untuk upload  atau men-sinkron-kan library komponen milik kalian. Pertama dengan cara meng-upload langsung ke web library.io, cara kedua adalah dengan melakukan sinkronisasi melalui Control Panel Autodesk Eagle kalian.

Sisi negatifnya menurut kami adalah, kita tidak bisa upload sembarang library komponen ke web tadi. Kalau dulu asal bisa dibuka librarynya maka kita bisa langung menggunakannya, sekarang tidak. Autodesk Eagle sepertinya hanya memilih library komponen dari web-web tertentu yang mungkin sudah ada kerja sama sebelumnya dengan Autodesk. Ini yang membuat kami berkata "makin kapitalis". Tapi tenang saja, selama kalian masih bisa membuat atau mendesain library komponen sendiri, itu tidak akan jadi masalah. Asalkan kalian membuatnya di Autodesk Eagle terbaru juga.

Cara Pertama

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa kita perlu memiliki akun di library.io, autodesk.com, dan terakhir snapeda.com. Selain memiliki akun, kalian juga harus sudah dalam kondisi login di 3 website tersebut. Untuk Autodesk, selain kalian login melalui browser, kalian juga harus login melakuin Control Panel Autodesk Eagle. Maka dengan ini dan langkah selanjutnya kami asumsikan kalian juga sudah login di ketiga website tersebut.

Kalian juga perlu mencari website penyedia library komponen elektronik yang sekiranya didukung oleh Autodesk Eagle. Sedikit informasi awalnya kami menggunakan library komponen dari Ultralibrarian. Ini random saja karena sepengalaman kami tidak jadi masalah library komponen mau diambil darimana saja asal bisa dibuka dengan Eagle Library. Ternyata setelah kami coba, hasilnya gagal. Akhirnya kami acak saja mencari website penyedia library komponen, kami menemukan SnapEDA. Kami pikir ini adalah pilihan terbaik, dan benar saja library dari SnapEDA bisa digunakan pada Autodesk Eagle terbaru.

Baiklah, pertama yang harus dilakukan adalah mencari library komponen elektronik yang kalian butuhkan. Kami misalkan dengan nama file library komponen yang dicari adalah PESD5V0S1BA.:

Kalian pilih library komponen yang kalian perlukan. Setelah itu download dengan klik Download Symbol and Footprint. Pilih Eagle untuk mendownload library khusus Eagle seperti gambar di bawah ini. Setelah itu langkah mudah kalian hanya perlu ikuti alur yang diminta atau tinggal tunggu saja proses downloadnya.

Buka web library.io melalui browser kalian. Kami asumsikan kalian sudah login disitu. Ada dua opsi yang bisa dipilih. Upload library komponen menggunakan file di storage kalian seperti yang ditunjuk panah merah pada gambar di bawah ini, atau kalian copy-paste link URL file library komponen yang kalian dapat dari internet di kotak yang ditunjuk panah hijau. Pada artikel ini kami memilih upload library dari storage kami. Tunggu proses upload hingga selesai 100%.

Perhatikan! Jika proses upload telah selesai, ada dua indikator yang bisa muncul. Pertama gambar icon gembok, yang berarti proses upload benar-benar tuntas dan library bisa digunakan di software Autodesk Eagle. Kedua icon tanda seru merah menandakan proses upload gagal, file korup, atau file library komponen yang kalian upload tidak didukung sumbernya oleh Autodesk Eagle. Kalian harus mengulangi proses uploadnya atau cari file library komponen yang cocok dan didukung Autodesk.

Hal itu sedikit merepotkan kami karena harus mencari library komponen di internet yang sekiranya bisa digunakan pada software Autodesk Eagle versi 9.6.2 ini. Dan kami menemukan SnapEDA yang sudah kami jelaskan di awal.

Jika sudah kalian pastikan semuanya aman, lanjut dengan buka project kalian di Autodesk Eagle. Buka file *.brd atau *.sch terserah kalian. Pada menu bar di atas, pilih dan klik Library, pilih Open library manager.

Setelah jendela baru muncul, pilih tab Available. Tunggu proses caching hingga selesai, kemudian kalian sortir seluruh library dengan meng-klik kolom Managed Folder. Tujuannya agar mempermudah dan mempercepat kalian menemukan library komponen yang sudah kalian upload.

Apabila sudah, kalian pilih dan klik library komponen PESD5V0S1BA yang sudah di upload tadi Kemudian klik Use yang ada di sebelah kanan bawah jendela.

Sekarang kalian buka jendela Control Panel Eagle, kalian bisa perhatikan library yang sudah kalian upload tadi secara otomatis disinkronkan juga dengan software Eagle di laptop/pc kalian. Library komponen sudah bisa di tambahkan ke skematik atau desain board milik kalian. Kalian juga bisa hapus library ini atau hanya sekadar meng-offline-kan library-nya.

Demikian cara pertama telah selesai. Ada satu cara lagi yang menurut kami lebih singkat dan sederhana. Yakni dengan mensinkronkan langsung file library komponen melalui Control Panel Eagle.

Cara Kedua

Seperti di awal kami asumsikan bahwa kalian sudah login di ketiga website tersebut, termasuk login melalui Control Panel Eagle.

Kalian download seperti biasa file library komponen yang kalian butuhkan. Kemudian pindahkan file tersebut ke direktori C:\Users\(your_username)\Documents\EAGLE\libraries seperti gambar di bawah ini. Ubah (your_username) sesuai dengan username laptop/PC kalian.

Buka Control Panel Eagle, perhatikan pada bagian Libraries di sebelah kiri atas. Pada direktori libraries, akan muncul file library yang sudah kalian pindahkan sebelumnya. Jika belum muncul, lakukan Refresh di Control Panel Eagle dengan menekan tombol F5. Apabila masih belum muncul, klik kanan direktori libraries, pilih Use all.

Selanjutnya kalian klik kanan pada file library komponen itu, kemudian pilih dan klik Create managed library. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Di jendela yang muncul, perhatikan gambar di bawah ini, Managed Folder yang di tandai dengan kontak merah, pilih folder yang sudah disiapkan otomatis oleh Autodesk Eagle. Biasanya nama foldernya disesuaikan dengan username disaat kalian membuat akun di website Autodesk. Jika terdapat beberapa, pilih salah satunya.

Di kotak hijau, itu hanya opsional. Kalian bisa membuang tanda centangnya atau membiarkannya ada. Fungsinya adalah untuk melakukan arsip atau backup terhadap library yang kalian miliki. Jika dirasa akan membuat penuh storage, kalian boleh membuang tanda centangnya. Setelah itu klik Create dan proses sinkronisasi akan berjalan. Tunggu saja hingga selesai.

Jika berhasil, maka kalian akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini. Namun apabila gagal, kalian mendapatkan tampilan pesan error di bawah gambar ini.

Hal yang menyebabkan gagal upload atau gagak sinkronisasi adalah sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Maka kami mengambil cara yang kami pikir cepat yaitu mencari library komponen dari penyedia lain.

Jika kalian mendapatkan tampilan jendela yang menandakan berhasil, langkah selanjutnya juga sama dengan langkah terakhir yang dijelaskan pada cara pertama. Kalian sudah bisa menggunakan file library komponen tersebut untuk keperluan desain baik skematik atau board PCB.

Demikian artikel tutorial yang bisa kami tuliskan. Apabila ada pertanyaan, tulis di kolom komentar. Atau kalian bisa menghubungi langsung melalui email atau media sosial kami.


Referensi:
(-)

Posting Komentar

0 Komentar