Membangun Rangkaian BCD 7-Segment Menggunakan IC 74LS47

BCD with 74LS47
BCD - Binary Decode Desimal. Dalam BCD, digit biasanya diwakili oleh empat bit yang secara umum mewakili nilai / angka / karakter 0-9. Kombinasi bit lainnya kadang-kadang digunakan untuk tanda atau indikasi lain. Pada dasarnya, BCD hanyalah representasi dari nomor tunggal dengan menggunakan 4 Bits Binary.

7-Segment Display - Penampil sebuah bilangan yang tersusun dari 7 buah LED yang sekarang berkembang menjadi beberapa macam salah satunya adalah Starbust. 7-Segment menurut susunan LED-nya terbagi menjadi dua yaitu Katoda (Cathode) dan Anoda (Anode). Perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan tetapi harus diperhatikan dalam pemasangan agar 7-Segment berfungsi sebagai mana mestinya. Berikut perbedaan 7-Segment Anoda dan Katoda.
 
Between Anode and Cathode


Dari gambar tersebut didapati port 'dp' sebelah port 'c'. Itu merupakan dot atau titik pada 7-Segment yang digunakan sebagai indikator atau koma jika terdapat beberapa buah 7-segment yang disusun. Untuk mengaktifkan dot atau titik tersebut yang perlu diperhatikan adalah jenis 7-segment yang digunakan, jika Anoda maka port 'dp' mendapat inputan Vcc dan jika Katoda maka inputan port 'dp' mendapat inputan Gnd. Sebenarnya, 'dot' ini tidak di aktifkan pun juga tidak masalah, 'dot' tersebut hanyalah sebagai indikator saja.
Adapun dalam penysusunan 7-segment yang menggunakan LED berikut adalah susunannya.
Simple 7-segment with 7 LED

IC 74LS47 - Merupakan IC Decoder atau Driver untuk 7-segment. Ada yang mengatakan untuk rangkaian BCD 7-segment yang menggunakan Anoda maka perlu menggunakan IC 74LS47 dan jika menggunakan Katoda maka harus menggunakan IC 74LS48. Sebenarnya kedua IC tersebut sama, hanya karakteristik tegangan dan arusnya saja yang berbeda. Ini bisa dilihat dari datasheet dari kedua IC tersebut yang akan di lampirkan setelah artikel ini.

Dan untuk saat ini saya mempraktikkan dengan IC 74LS47 dengan 7-segment jenis Anoda. Berikut skema rangkaiannya.
7-Segment Anode schema with IC 74LS47

Untuk membangun rangkaian BCD sederhana tersebut yang perlu di persiapkan adalah:
1. IC 74LS47 atau ****48 jika tidak ada.
2. Resistor 1K Ohm 4buah.
3. Resistor 330 Ohm 7buah.
4. Toggle Switch 3 atau 2 pin 4buah.
5. 7-Segment jenis Anoda 1buah.

Selanjutnya untuk papan PCB dan lain-lain bisa menyesuaikan. Ini saya lampirkan juga datasheet beserta jalur PCB-nya (untuk Eagle) yang sudah di pack dengan .rar: https://www.dropbox.com/s/tfnijsl6z0hl7rh/rangkaian%20bcd.rar

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Gan, di gambar rangkaian yang di eagle nya kok jumlah resistornya lebih satu, itu berapa ohm

    Mohon pencerahan
    Need fast

    BalasHapus