Syntax Highlighter Sederhana, Tampilan Menawan


Artikel terbaru yang dirilis di blog ini kebetulan memuat beberapa skrip program (kodingan). Bisa saja skrip program tersebut ditulis seperti biasa tanpa ada format penulisan yang membedakan mana sintaks skrip program dan mana paragraf artikel. Mungkin kalian yang kuliah di jurusan IT dan sedang menyusun skripsi akan paham bahwa sintaks program harus ditulis dengan format penulisan tersendiri. Demikian juga jika kita menulisnya di web, blog, atau apapun platformnya. Tujuannya untuk memudahkan pembaca ketika memeriksa sintaks program, meringkas panjang artikel dengan memberikan fitur scroll, atau keuntungan lain yang memihak pada pembaca.

Dari sumber yang didapat, MajestyTech Workshop coba gunakan fitur Online Syntax Highlighter dari dua platform yang pertama dari Hilite, dan yang kedua dari Tohtml.

Tohtml


Fitur terbaik menurut MajestyTech Workshop dari platform ini adalah fitur autodetect. Kalian hanya tinggal menyalin kode program yang kalian miliki, tanpa kalian pusing kode program apa yang sedang kalian salin. Tohtml secara otomatis mengerti kode program apa yang kalian salin (copy-paste) dan paham sintaks mana saja yang harus diberi warna, dan warna apa saja yang cocok. Disitu kalian juga bisa mengubah warna latar belakang (background) sesuai dengan keinginan kalian.

Sayangnya Tohtml juga punya kelemahan. Yaitu penomoran di tiap baris kode program. Kalian harus membuatnya sendiri melalui HTML Editor jika menginginkan. Kalian bisa kunjungi https://tohtml.com/ untuk menggunakan fitur Syntax Highlighter ini.

Cara menggunakannya kalian tinggal copy kodingan kalian, kemudian paste di kotak Source Code. Di kotak Type pilih bahasa pemrograman sesuai dengan yang kalian punya. Atau dipilihan paling atas, pilih autodetect jika kalian tidak tahu atau malas mencari. Setelah selesai, pilih dan klik Highlight di bawah kotak Source Code. Tunggu sebentar dan jadi. Mudah bukan?

Hilite

Berbeda dari sebelumnya, Hilite memberikan kemudahan penggunanya untuk membuat Syntax Highlighter dengan tampilan yang cukup interaktif dan cepat dipahami. Memiliki fitur Line Numbers yang membuat MajestyTech Workshop menggunakan platform ini ketimbang sebelumnya. Pilihan warna latar belakang yang juga tidak kalah keren dari sebelumnya, bahkan disini kita bisa dengan mudah mengedit beberapa warna atau dimensi pada kolom CSS yang diberikan.

Kelemahan dari Hilite adalah tidak memiliki fitur autodetect sehingga pengguna harus benar-benar paham dan mengerti kode program apa yang disalin. Pilihan bahasa pemrograman yang didukung bisa dibilang cukup sedikit, jadi untuk mengakalinya kita harus menyesuaikan bahasa pemrograman apa yang terdekat jenisnya dengan sintaks atau kode yang akan kita salin.

Jika ingin menggunakannya, kalian cukup kunjungi http://hilite.me/. Cara menggunakannya sama saja seperti sebelumnya. Perbedaannya kalian ingin menambahkan nomor untuk tiap baris programnya atau tidak. Kalian hanya perlu mencentang pilihan Line Number bila kalian menginginkannya. Gampang kan?



Referensi:


Posting Komentar

0 Komentar