Atasi Kesalahan "undefined reference to `clrscr'" di GCC Linux


Jadi ceritanya saya mau buat program kalkulator sederhana menggunakan bahasa C murni. Saya pikir bakal gak ada masalah, karena saya buat ini di Linux. Yaa taulah gimana saya mikirnya, Linux itu segalanya, wkwk. Waktu proses kompilasi, saya mendapati error seperti gambar di atas. Error tersebut memberitahu bahwa beberapa fungsi tidak dikenal. Lama sebelum ini saya juga mengalami masalah yang sama di Windows, akibat dari perbedaan IDE atau SDK. Saya pikir sama saja masalahnya, namun ternyata di Linux berbeda. Di Linux, fungsi seperti clrscr() gotoxy() getch() tidak memiliki referensi alias memang tidak pernah ada. Sedangkan di Windows, fungsi tersebut bisa dipanggil jika kita menggunakan library conio.h yang tidak dimiliki oleh sistem Linux. Maka satu-satunya jalan adalah mengakalinya. Caranya sebagai berikut:

clrscr()

Fungsi atau perintah ini biasa digunakan untuk menghapus layar output. Kita bisa menggunakan perintah clear di Linux sebagai implementasi clrscr().
Dengan script lengkapnya seperti ini:


gotoxy()

Digunakan untuk mengatur atau memindahkan kursor ke titik yang ditentukan pada layar output.
Contoh lengkapnya seperti ini:

getch(), getche()

Fungsi getch() digunakan untuk mendapatkan (membaca) satu karakter dari perangkat input standar (keyboard) tanpa ada pengulangan. Maksudnya tidak menampilkan kembali karakter input & tidak memerlukan tombol [kembali] setelah input. Fungsi getch() dideklarasikan dalam file header conio.h.

Fungsi getche() digunakan untuk mendapatkan (membaca) karakter tunggal dari perangkat input standar (keyboard) dengan echoing yaitu menampilkan karakter input & tidak memerlukan tombol [kembali] setelah input. Fungsi getche() dideklarasikan dalam file header conio.h.

Berikut contoh penulisan kedua fungsi tadi:



Referensi:
https://www.includehelp.com/c-programs/gotoxy-clrscr-getch-getche-for-gcc-linux.aspx

Posting Komentar

0 Komentar