Update ECC Axioo Neon TVS

Kemarin kita sudah mencoba melakukan update BIOS di objek yang sama yaitu Axioo Neon TVS. Dengan penjelasan-penjelasan yang sudah saya berikan, tentunya anda mengerti apa yang harus anda lakukan. Semoga yang mencoba tutorial kemarin tidak mengalami kendala atau pun kegagalan hingga mengakibatkan mati total pada mobonya, hehehehe.

Sekedar warming up saja, bahwasanya update ECC tidak jauh beda dari cara update BIOS. Pembedanya hanyalah file yang digunakan. Ini yang masih menjadi pertanyaan bagi saya apa sebenarnya ECC tersebut? Lalu apa kepanjangan dari ECC itu?

Dari referensi yang didapat bahwa update ECC difungsikan agar batre laptop dapat bekerja kembali setelah sekian tahun penggunaan. Selain itu juga memfungsikan kembali batre yang dulunya tidak bisa digunakan sama sekali atau bisa digunakan namun harus dipancing tegangan dari adapter. Tapi nyatanya batre laptop yang saya punya tidak kunjung pulih. Entahlah.
Apa mungkin update ECC difungsikan seperti baterai resetter? Saya masih butuh bantuan soal ini.

Baik langsung saja kita praktikkan. Perlu diketahui, bahwa untuk tool dan langkah langkah  format flashdisk, ekstraksi file MSDOS, dan peletakan file BIOSnya sama persis dengan langkah-langkah tutorial update BIOS sebelumnya. Kita akan langsung memulai dari typing (mengetik) command line. Tapi sebelumnya download dulu file update ECCnya bernama TVS_ECC.
0. Pastikan laptop anda terhubung dengan charger/adapter. 
1. Setel/seting BIOS untuk diarahkan bootnya ke flashdisk.
2. Save change and exit, secara otomatis boot akan me-load flasdisk anda. Jika berhasil maka muncul command line dan lakukan (ketik) seperti ini.

3. Sekadar keterangan
cd tvs_ecc = untuk masuk ke folder yang ada di flashdisk
tvs_ecc/dir = guna mengecek lagi apa saja folder yang ada di dalam dfashdisk itu
tvs_ecc/flashec = file update ECC yang akan kita eksekusi.

4. Dari command line tersebut, tekan enter maka proses update pun berjalan. Tampilannya seperti di bawah ini

5. Tunggu prosesnya hingga sukses. Akan muncul seperti gambar dibawah ini.

6. Tekan sembarang tombol dan proses selesai ^_^

Baik, dua tutorial sudah selesai. Mengapa untuk tutorial ECC postingnya lama? Ini karena saya belum mengetahui apa sebenarnya ECC itu dan apa kepanjangannya. Saya pun belum tahu apa yang harus menjadi keyword di Google agar saya menemui maksud dari ECC dan kaitannya dengan baterai laptop.

Karena baterai laptop saya entah sudah mati ataukah bagaimana. Mungkin ada yang mau membantu demi sempurnanya artikel ini, saya menerima dengan senang hati ^_^

Baiklah sekian terimakasih, semoga artikelnya tidak membosankan dan saya tetap eksis dalam posting di blog ini. ^_^

Posting Komentar

0 Komentar