Update BIOS Axioo Neon TVS

Okeh, kemarin kita sudah mencoba update BIOS dengan metode instan yaitu dengan menggunakan aplikasi bawaan vendor berformat *.EXE. Disebut instan karena memiliki interface yang tidak rumit, tinggal 'klik', lalu beres. Obyek kita kemarin adalah Dell Inspiron N4050 yang memiliki masalah black screen ketika restart Windows 8.

Sekarang kita berhadapan dengan laptop jadul berumur (masih muda sih) sekitar 7tahun yang suka ngadat ketika berjalan dengan Windows 7. Baik langsung saja siapkan,

1. Flashdisk berukuran 4GB kebawah.
2. Download terlebih dahulu file update BIOS milik Axioo Neon TVS.
3. Download dan install HP USB Format Tool.
4. Download dan ekstrak MSDOS System File di tempat yang anda inginkan.
5. Sebelum diekstrak, MSDOS System File terlihat ada 3file, setelah diekstrak maka menjadi 1file saja. Jangan takut, ini wajar, karena filenya ter-hidden.
  

6. Jalankan HP USB Format Tool dengan konfigurasi seperti gambar berikut:
 
"using DOS system file located at" adalah tempat anda mengekstrak file MSDOS System File tadi.

7. Tunggu hingga proses formatting dan pembuatan FD DOS Bootable selesai, lalu masukan file BIOS Neon TVS ke flashdisk yang sudah dijadikan DOS Bootable.
  

8.  Sekarang restart atau nyalakan laptop Axioo anda dan masuk ke BIOSnya dengan menekan tombol F2.
 
Ini tampilan BIOS sebelum di update.

9. Ini dia tampilan MSDOS dari FD anda.
[ketik] dir [enter] [ini untuk memeriksa apa saja file di dalam FD kita.]
[ketik] cd tvs_bios [enter] [ini untuk masuk ke dalam folder TVS BIOS]
[setelah masuk ke folder tvs_bios] [ketik] P [enter] [proses berjalan, silahkan tunggu]
Periksa direktori/folder yang ada di FD

Persiapan memasuki proses flashing

Proses flashing/update BIOS. Tunggu hingga selesai

Proses selesai. Ikuti perintah yang diberikan

 10. Setelah selesai, secara otomatis laptop anda akan restart otomatis. Perlu diingat, jika anda menggunakan Windows 7, anda akan mengalami BlueScreen dan BootLoop ketika laptop dinyalakan. Penyebabnya adalah karena BIOS hanya support dengan Linux dan Windows Vista. Maka ada yang perlu diubah setingannya. Caranya, simak baik-baik gambar berikut ini.
BIOS Revision adalah versi BIOS anda yang sekarang.


Installed O/S: Jika anda menggunakan Windows7 ke atas, pilih [Other].
Selesai!

Update BIOS selesai dengan baik
Ucapkan Alhamdulillah :D
Dari semuanya yang perlu diperhatikan adalah:
  • File BIOS harus sesuai dengan jenis mobo pada laptop ataupun komputer. Jangan sampai keliru file BIOSnya. Jika anda keliru, kemungkinan ada ketidakcocokan antara mobo dengan file BIOSnya yang berujung kegagalan dalam proses update BIOS.
  • Proses pembuatan DOS Bootable. Banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat DOS Bootable. Saking banyaknya, tak jarang juga aplikasi abal-abalnya. Juga perangkat yang digunakan sebagai bootablenya, apakah dalam kondisi sehat atau tidak.
  • Masalah power. Saya pikir ini tidak menjadi masalah karena semua sudah pasti tahu ketika proses update BIOS, harus terhubung dengan adapter dari tegangan AC. Pastikan saja anda tidak mendapat pengumuman pemadaman bergilir dari PLN saat update BIOS :v
Sekian yang dapat saya bagi, selanjutnya adalah proses update ECC pada laptop yang sama, Axioo Neon TVS. Apa itu ECC? Tunggu postingan berikutnya. :3

Posting Komentar

1 Komentar