Jalankan Wireshark Non-Root di OpenSUSE Leap 15.2

Mungkin bagi kalian yang sangat antusias dengan sistem operasi Linux dan juga ilmu jaringan, artikel ini saya pikir tidak penting untuk kalian baca. Tetapi saya yakin ada pembaca lain yang seorang pemula. Seperti yang bikin artikel ini, newbie, eheh.

Kita mulai dulu dari OpenSUSE Leap 15.2. Sebenarnya OS satu ini sudah terhitung super mudah untuk digunakan. Banyak konfigurasi yang bisa dilakukan dengan klak-klik melalui fitur YaST. Dengan bantuan GUI yang apik, sehingga kita dapat meminimalisir penggunaan terminal atau konfigurasi berbasis CLI. Tujuannya tentu menghindari kesalahan teknis. Tapi jika kalian masih memaksa menggunakan terminal, sah saja. Toh penggunaan YaST juga representasi dari perintah melalui terminal.

Pertama yang harus kita lakukan adalah install Wireshark. Untuk langkah ini kita lakukan dari YaST saja. Tekan tombol logo Windows di keyboard kalian > ketikan saja YaST > kemudian klik. Maka kalian akan disuguhkan tampilan YaST Control Center. Pilih Sofware Management di jendela bagian kanan (Gambar 1). Muncul tampilan software management, kalian cari "wireshark" dengan mengetikkannya di kolom Search, kemudian Enter. Pilihan muncul di jendela bagian sebelah kanan (Gambar 2). Kalian centang "wireshark" maka beberapa aplikasi/paket yang harus diinstal juga tercentang otomatis. Apabila kalian butuh paket lain, kalian centang saja paket yang disediakan disitu. Sudah, klik Accept dan tunggu hasil instalasinya selesai.

Gambar 1

Gambar 2

Jika semua sudah oke, kalian bisa coba buka Wireshark nya. Saya pastikan bahwa perangkat jaringan tidak satupun ditampilkan atau terdeteksi. Kurang lebih tampilannya seperti di gambar bawah ini.

Gambar 3

Tetap berada di YaST, sekarang kita buka bagian Security and Users, kemudian di sebelah kanan pilih User and Group Management (gambar 4). Setelah masuk di jendela pengaturan User and Group Administration, kalian dihadapkan dengan tab Users. Pilih nama user yang kalian pakai saat itu, di bawah pilih Edit (gambar 5).

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

Jendela baru terlihat, kalian pindah ke tab Details di bagian atas. Di sebelah kanan ada pilihan Additional Groups, kalian pilih atau centang "wireshark" (gambar 6). Setelah itu klik "Ok", tampilan kembali ke User and Group Administration. Sekarang kalian seluruh jendela YaST. Karena ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh YaST, maka konfigurasi pindah ke terminal.

Buka terminal, ketikkan perintah berikut:

~# setcap 'CAP_NET_RAW+eip CAP_NET_ADMIN+eip' /usr/bin/dumpcap
~# chown root /usr/bin/dumpcap
~# chmod u+s /usr/bin/dumpcap
~# chgrp wireshark /usr/bin/dumpcap
~# chmod o-rx /usr/bin/dumpcap

Sebagai catatan, ganti /usr/bin/ dengan /usr/sbin jika kalian mendapatkan error yang menunjukkan bahwa dumpcap tidak ada pada direktori /usr/bin. Jika pesan error yang muncul adalah tiadanya perintah setcap, silahkan kalian install terlebih dahulu libcap. Terserah mau lewat terminal juga boleh, lewat YaST juga gak masalah.

Untuk memastikan perubahan yang sudah kalian lakukan, ketikkan perintah:

~# getcap /usr/bin/dumpcap

maka pastikan hasilnya seperti ini:

/usr/bin/dumpcap = cap_net_admin,cap_net_raw+eip

Sekarang tinggal kalian coba jalankan Wireshark-nya. Kalian boleh coba lakukan capture. Maka seluruh antarmuka perangkat jaringan yang kalian miliki muncul disitu semua. Seperti punya saya ini:



Nah, bagaimana? Mudah kan? ^_^



Referensi:
https://lists.opensuse.org/opensuse-factory/2019-01/msg00044.html
https://codeghar.wordpress.com/2014/06/03/run-wireshark-in-opensuse-as-non-root-user/
http://digitoktavianto.web.id/menjalankan-wireshark-menggunakan-non-root-user.html
https://unix.stackexchange.com/questions/189237/how-to-install-linux-capabilities-like-setcap-and-getcap
https://superuser.com/questions/319865/how-to-set-up-wireshark-to-run-without-root-on-debian
https://bbs.archlinux.org/viewtopic.php?id=189623
https://packetlife.net/blog/2010/mar/19/sniffing-wireshark-non-root-user/
http://www.thegeeky.space/2013/12/how-to-run-wireshark-for-non-root-user-on-linux-debian-ubuntu.html
https://askubuntu.com/questions/74059/how-do-i-run-wireshark-with-root-privilege

Posting Komentar

0 Komentar